Teori keajaiban manusia dari kera? Terjawab!

Manusia dari kera? Benarkah? Terjawab sudah!
Foto : Homo Habilis, benang merah
manusia dan kera

– Teori evolusi menyebutkan bahwa nenek   moyang manusia adalah kera. Namun, seperti apa perubahan dari kera menjadi manusia jadi pertanyaan besar.

Kini misteri itu terjawab. Ditemukan sebuah fosil kerangka anak kecil berusia sekitar dua juta tahun yang diyakini sebagai spesies baru hominid — gabungan primata dan manusia. Hebatnya, fosil itu relatif utuh, bukan hanya bagian-bagian tulang atau gigi.

Para ilmuwan yakin, kerangka tersebut adalah tipe nenek moyang manusia yang belum diketahui sebelumnya –yang memasuki tahapan lanjutan manusia kera menjadi manusia, atau disebut juga  Homo habilis.

Ahli yang meneliti kerangka itu mengatakan, karakteristik Homo habilis, yang muncul 2,5 juta tahun lalu adalah tahapan kunci dalam evolusi manusia. Penemuan ini diharapkan bisa mengisi kekosongan dalam sejarah evolusi manusia.

Fosil hominid yang ditemukan sebelumnya hanya berupa fragmen tulang, sehingga penemuan kerangka yang nyaris utuh memungkinkan para ilmuwan menjawab pertanyaan kunci mengenai seperti apa bentuk nenek moyang manusia — ketika mereka mulai berjalan tegak menggunakan dua kaki.

Kerangka tersebut ditemukan Profesor Lee Berger, dari Universitas Witwatersrand, ketika mengeksplorasi sebuah gua di Sterkfontein, wilayah Afrika Selatan, dekat Johannesburg. Gua yang mengandung kapur itu diyakini faktor penting yang menjaga keutuhan kerangka.

Penemuan ini sangat signifikan, sampai-sampai Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma mengundang beberapa ahli universitas untuk melihat fosil itu secara langsung. Kampanye lewat media dan dokumenter televisi juga sedang dipersiapkan.

Professor Phillip Tobias, satu dari tiga ahli yang kali pertama mengidentifikasi Homo habisis pada 1964 mengatakan, penemuan tersebut sebagai sesuatu yang luar biasa.

“Penemuan sebuah kerangka, alih-alih hanya gigi atau tulang lengan, adalah hal yang sangat jarang,” kata dia, seperti dimuat laman The Age, Senin 5 April 2010.

Sementara, Dr Simon Underdown, ahli evolusi manusia dari Universitas Oxford Brookes mengatakan penemuan baru ini membantu para ilmuwan lebih memahami pohon evolusi.

“Penemuan seperti ini membuat kita makin memahami nenek moyang kita di masa-masa mereka berkembang menjadi manusia untuk kali pertamanya,” kata dia.

Penemuan ini adalah yang paling penting dan signifikan sejak penemuan fosil utuh berusia 3,3 juta tahun yang diberi nama Australopithicus, atau yang juga dikenal dengan julukan ‘kaki kecil’  pada 1994.

Penemuan besar lainnya adalah tengkorak utuh dari 2,15 juta tahun lalu berjenis Australopithecus africanus, yang dijuluki ‘Nyonya Ples’, pada tahun 1947.

* Pendapat lain mengenai hal ini dapat Anda baca di harunyahya.

21 responses to this post.

  1. Menarik sekali postingnya, sukses untuk anda.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru hari ini berjudul : “Analisa usaha cuci sepeda motor”, serta artikel lain yang menarik, dan kalau berkenan mohon diberi komentar. Terima kasih.

    Balas

  2. Posted by tauvhk on 20 April 2010 at 12:17 pm

    alhamdulillah saya termasuk manusia yang yakin akan agama..
    saya cuma yakin kalo nenek moyang saya adalah nabi adam..manusia pertama yang diturunkan oleh Allah SWT..
    mungkin nenek moyang anda dari kera.. tapi saya yakin saya tidak termasuk..

    Balas

  3. makasih inponya😀

    Balas

  4. Posted by ahsanfile on 21 April 2010 at 12:32 am

    Info bagus gan… emang sangat menarik mbahas sesuatu yang berkaitang dengan masa lalu..

    lam kenal
    http://ahsanfile.wordpress.com

    Bukankah teori evolusi udah gugur yah ?
    ilmuwan barat sendiri yang memberikan argumen

    Balas

    • iya sich … ini informasi terbaru yang saya dapatkan. sekedar posting-an, tetap akidah harus yang utama. Oke. Jawaban ini juga berlaku untuk semua sobat yang berbeda pendapat dengan saya. pegang akidah yang kuat…! mkash komennya.

      Balas

  5. […] keajaibanalamdunia.wordpress.com  April 21, 2010  elikusngui Kategori: Pengetahuan […]

    Balas

  6. kok malah jadi bingung aku ini anak siapa?

    Balas

  7. Posted by oeide on 21 April 2010 at 9:38 am

    iman, islam, ikhsan , selanjutnya terserah anda

    Balas

  8. Posted by oeide on 21 April 2010 at 9:41 am

    siip..

    Balas

    • Iptek dan manusia akan selalu berjalan bersama…untuk suatu kekurangan. jadi dengan kekurangan tersebut membuat kita semakin ingin maju….

      Balas

  9. mmm, perdebatan teori evolusi bisa2 berulang neeh?🙂

    Balas

  10. Posted by wira on 6 November 2010 at 10:34 am

    bagi yang ngerasa ………….MUNGKIN????? tapi bagi saya, nenek moyang saya NABI ADAM A.S. tapi tulisan’a bagus bang. maju terus deh….

    Balas

  11. sangat menarik…
    tapi dimana-mana ilmu pengetahuan tidak pernah lepas dari ajaran agama dan selalu berjalan lurus kedepan….
    Tuhan menciptakan kita utuh sbg mnsia bkn mllui proses sprti itu…..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: